Jumat, 19 Oktober 2018

7 Tips Buat Para Mahasiswa Baru


 

Yoo, udah lama gw ga upload, kali ini gw mau kasih tips buat calon calon mahasiswa baru yang suka mampir ke blog ini, yaa seadanya aja ya, soalnya gw juga mahasiswa baru yang suka nyari info dari kating, hahaha. Yok langsung simak aja.
   
1. Jangan hanya bergaul dengan mahasiswa satu tingkat lain.
Cari kakak tingkat yang sudah memiliki pengalaman mengambil mata kuliah yang sama dengan kamu. Dari situ kamu bisa belajar tentang cara mengatur kehidupan perkuliahan.

Kenapa?
Karena kalau tidak seperti itu kalian akan bingung sendiri dan akhirnya ya tambah bingung lagi.


2. Pergi Ke Kelas Dengan Pakaian Rapi

Meskipun kampus tidak membuat aturan berpenampilan, terlihat seperti baru saja turun dari tempat tidur akan membuat kamu kurang dihargai atau bahkan tidak dianggap oleh lingkungan sekitar kamu. Berpakaianlah dengan kasual tapi rapi.

Kenapa?
Karena mahasiswa tentu butuh banyak relasi, jika kamu memakai pakaian lusuh mana mungkin ada orang yang ingin berteman apalagi ingin bekerja sama dengan kamu.


3. Jangan melewatkan kesempatan untuk berorganisasi

Organisasi memang kerap dianggap hal yang sepele bagi sebagian mahasiswa, padahal organisasi adalah wadah terbaik untuk membentuk karakter pribadi seseorang, jadi jangan sampai kalian jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang)

Kenapa?
Ini penting buat membangun jiwa leadership dan kerjasama tim (penting saat masuk masa kerja), dan juga untuk membangun relasi antar jurusan. namun harus INGAT Jangan sampai karena terlalu aktif berorganisasi kamu tidak punya waktu untuk kepentingan diri sendiri. Cobalah hadir di pertemuan-pertemuan pertama kegiatan organisasi dan baru pilihlah yang kamu suka.

4. Jangan menghabiskan seluruh waktu kamu dengan main social media.


Masa sekarang ini semua orang pasti menggunakan social media, tapi buat kamu, seorang mahasiswa, kurangilah aktivitas seperti itu.

Kenapa?
Carilah aktifitas yang lebih berguna, misalnya membuat dan menulis  blog pribadi.
Blog itu selain mengasah pikiran kita juga pada akhirnya bisa mengahasilkan uang, lagian buat blog kan gratis


5. Jangan takut untuk duduk di samping teman sekelas yang belum kamu kenal.

Kamu mungkin merasa adalah orang yang pemalu dan belum berani untuk berkomunikasi pada orang baru. Menjadi mahasiswa berarti sudah saatnya kamu bersikap proaktif.

Kenapa?
hal itu bisa ningkatin semangat belajar kalian dan akan merasakan hasil dari punya teman yang banyak

6. Jangan lupa untuk mempergunakan fasilitas yang menjadi hakmu sebagai pelajar.

 Kampus menawarkan banyak fasilitas gratis seperti konsultasi akademik gratis, hiburan, ruangan, dll. karena semua itu sudah kalian bayar waktu kalian membayar uang semester di awal.



7. Jangan menyimpan karya akademikmu di alat elektronik yang berisko.

Kehilangan thumbdrive, laptop yang bermasalah bisa membuat kamu gagal menyerahkan tugas tepat waktu. Pakailah Google docs (GDocs) atau DropBox atau Box dll sebagai cadangan (back-up) sehingga karya akademikmu aman.

Kenapa?
masa waktu yang sudah kalian curahkan untuk semua hal yang sudah tersimpan itu hilang begitu saja. Karena jika suatu hari barang tempat kalian menyimpan file dari semester 1 sampai semester akhir tiba tiba terformat, kalian mau bilang apa?



Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda