Rabu, 03 Oktober 2018

TIPS DAN TRIK BUAT KAMU YANG SUKA/SERING MEMASAK


Dapur memang tempat yang mengasikkan bagi orang” yang suka memasak, atau yang suka makan. Tetapi dapur juga bisa jadi tempat yang menyeramkan bagi orang” yang tidak suka memasak atau hal hal yang berbau dapur
Tapi semua manusia butuh makan, sehingga sedikit pengetahuan tentang dapur itu harus diketahui agar semua berjalan dengan normal. Nah, supaya kamu gak kaget jika masuk ke dalam dapur, kali ini saya sudah mmenyiapkan trik-trik sederhana yang bisa bikin urusan dapurmu jadi lebih mudah. Chek this out!
1.     Cara Membuat Pisang Lebih Tahan Lama

Pisahkan buah pisangmu dari tandannya, lalu bungkus ujung buahnya dengan plastik atau alumunium foil. Ujung buah pisang adalah suatu bagian yang dapat mengeluarkan gas ethylene, makanya harus “dibungkus”. jika ingin lebih awet lagi, kamu bisa taruh pisangmu ke dalam kulkas.
2.     Tomat Cepat Busuk? Ini Solusinya

Jika kamu sering memasukkan tomatmu ke dalam kulkas, itu adalah hal yang sangat salah, karena hal yang benar adalah membiarkan tomat berada di suhu ruangan, dan membiarkannya dalam posisi terbalik. Dengan membalik tomat, kamu mencegah masuknya udara dari luka bekas petikan di dekat batang, sekaligus menghambat keluarnya kelembaban dalam buah yang bisa membuat tomatmu kempes.
3.     Lalapan Jauh Lebih Tahan lama

Masukkan lalapanmu ke dalam wadah tertutup dan lapisi dengan tisu makan. Letakkan tisu makan di tempat penyimpanan lalapan tadi Tisu itu bisa menyerap kelembaban yang bikin sayuran layu. Jadi, sayuran seperti kol masih bisa tetap segar walaupun berumur lebih dari seminggu.
4.     Cara  Asyik Mengupas Mangga

Gak perlu lagi menguliti mangga kayak kamu mengupas apel. Mulai sekarang, iris saja bagian-bagian samping mangga di luaran bijinya. Lalu bagian dagingnya kamu sisir pelan-pelan pakai pisau menjadi bentuk kotak-kotak. Ada beberapa orang yang membalikkan kulit mangga, terus dimakan begitu aja. Tapi kalau gak mau kotor, pake aja sendok untuk menyendok daging mangga sampai bersih. Taruh piring, dan nikmati! Ada 1 trik lagi nih yang bisa dipake buat ngupas mangga. Yaitu menggunakan gelas. Moncong gelas yang oval itu pas banget untuk memisahkan daging buah mangga keluar dari kulitnya dengan bersih. Mungkin pada percobaan pertama, kamu masih belum tahu angle yang tepat, Tapi kalau sudah cukup latihan, mengupas mangga itu bakal semudah menciduk air.
5.     Trik Memotong Bahan Yang Lembek Seperti Tahu

Pernah gak kamu mencoba mengiris tahu sutera tapi malah hancur kemana-mana? Bahan-bahan lembek memang rada susah diiris karena bentuknya yang gampang hancur. Jadi, jangan pakai pisau untuk mengiris makanan selembut itu. Pakai benang jahit atau sejenisnya. Dijamin, lebih mulus hasil irisannya!
6.      Mengupas Jahe Hanya Perlu Menggunakan Sendok

Bentuk jahe yang gak beraturan memang merupakan suatu masalah bagi orang yang malas untuk mengupasnya. Kalau pakai pisau, bisa-bisa jarimu malah kepotong saking berkelok-keloknya badan jahe. Pakai peeler juga susah karena ukurannya yang kecil. Trus solusinya apa dong? Ini dia jawabannya.
Kulit jahe itu gak sekeras yang kamu kira. Sisiran sendok aja udah cukup bikin kulitnya lepas. Apalagi lekukan sendok lebih sesuai dengan kelokan badan jahe daripada pisau.
7.     Ritual Sebelum Memeras Lemon Supaya Air Yang Keluar Jadi Lebih Banyak

Gerakan menggulung-gulung buah lemon, jeruk, atau jeruk nipis punya dampak melepaskan sari-sari yang tersembunyi di bawah kulitnya. Apalagi lemon yang kulitnya tebal, gerakan ini wajib hukumnya sebelum kamu memotong lemon. Dijamin sari atau jusnya akan keluar lebih banyak.
8.     Air Rebusan Pasti Tak Akan Tumpah Jika Kamu Menggunakan Trik ini

Pasti kamu sering kan harus ngaduk rebusan mie atau kaldu supaya air nya gak meletus keluar? Gak bisa ditinggal! Apalagi kalau apinya besar, lebih cepat lagi naik ke atas. Hasilnya kamu harus pakai api kecil. Tapi itu butuh waktu yang lebih lama untuk memasaknya.
Coba kamu taruh spatula kayu di atas pancimu. Kamu pasti bingung karena airnya bisa tetap dalam panci walaupun kamu gak ngaduk sekalipun, sudah pasti sendok kayu itu memecahkan balon-balon udara yang sampai di permukaan atas panci. Jadi udara yang memberi tenaga air buat naik ke atas itu gak bakal melewati batas panci. Tapi sendok atau spatula besi gak bakal punya efek yang sama. Soalnya bahan-bahan itu terlalu cepat panas.

9.     Cara Menyimpan Ice Cream Agar Tetap Lembut

Walaupun ada freezer di rumah, es krim literan yang kamu beli minggu lalu pasti udah gak senikmat sewaktu pertama kali beli. Mau disendok keluar juga susah banget karena kerasnya sudah kayak batu.
Nah, saya punya cara sederhana yang bisa membuat es krimmu seenak dan selembut sebelumnya. Siapkan aja plastik ziplock atau plastik dengan klep bukan yang kedap udara, lalu masukkan es krim kedalam plastik tersebut. Upayakan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari plastik yang diisi es krim tersebut untuk hasil optimal.
10.                        Buka Tutup Toples Hanya Dengan Bantuan Karet Gelang
Pasti pernah ‘kan menghadapi tutup toples yang tiba-tiba susah dibuka? Kamu pun kesusahan mencari orang yang punya otot untuk minta tolong. Tapi sebenarnya kalau kamu tahu trik ini, satu-satunya yang kamu butuhkan adalah karet gelang. Lingkarkan karet gelang tepat di bawah tutup toples. Karet gelang akan menambah gaya gesek yang dibutuhkan untuk membuka tutup itu.
Nah, kalau pakai karet gelang masih susah, coba pakai sarung tangan latex untuk menambah gaya gesek lagi, dijamin pasti tutupnya lebih gampang kebuka.

Gimana nih ide-ide kreatif yang bisa kamu praktikan di dapur ini? Semua caranya gampang dan praktis kan? Dan yang pasti, semua bisa membuat aktivitas di dapur jadi tambah seru. Selamat mencoba


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda