Minggu, 21 Oktober 2018

Ilmu Yang Berguna Dalam Hal Cuci-Mencuci


Yoo, gw bakal share lagi tips cuci mencuci buat anak kost dan beberapa kesalahan yang ga boleh lu lakuin pada saat mencuci.
Sama seperti membersihkan rumah, mencuci baju juga merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin di rumah. Bayangkan kalau kamu tidak mencuci baju dalam waktu lama dan hanya membiarkan pakaian kotor menumpuk di rumah. Memang mencuci baju terkadang terasa melelahkan.
Mencuci baju memang bukan kegiatan yang bisa dibilang ringan, apalagi bagi kamu yang hidup di perantauan. Untungnya sekarang ini jaman sudah sangat maju dan sudah ada banyak jasa mencuci baju di luar sana.
Tapi jasa mencuci juga memiliki kekurangannya sendiri, tidak selamanya jasa mencuci baju dapat membantumu. Kalau sudah seperti ini, jalan satu-satunya adalah dengan mencuci bajumu sendiri secara tradisional, yaitu dengan menggunakan tangan, karena selain hemat uang juga lebih puas gosok gosoknya :v.
Nah, di sini gw akan berbagi tips dan trik yang dapat membantu kamu mencuci baju menggunakan tangan, juga membahas kesalahan mencuci baju yang mungkin kamu lakukan!
Mencuci baju dengan memasukkan baju kotor terlebih dahulu ke dalam ember sebelum diisi air
Yeup, ini sering banget kita lakuin pada saat kita mencuci, padahal hal ini justru bisa ngerusak pakaian yang kita punya. Hah? Kok bisa? Simak alasannya dibawah.
Pakaian kotor yang disirami dengan air, apalagi air berarus kencang dapat membuat kain baju tertekan sehingga merusak kain. Pakaian yang terkena langsung dengan detergen mencuci baju juga akan membuat kamu kesulitan membilas baju-baju kamu.
Triknya di sini adalah mencuci baju dengan air biasa atau air dingin, sesuai dengan label petunjuk mencuci baju yang ada di pakaianmu. Setelah mengisi air ke dalam ember, barulah kamu rendam pakaian kotormu ke dalam ember.
Mencuci baju dengan menggosok noda kotor
Tahukah kamu, mencuci baju dengan menggosok pakaian kuat-kuat dapat menyebabkan kain dan bajumu jadi rusak?
Noda kotor yang menempel pada pakaian memang harus cepat dibersihkan. Tapi, jangan sampai kamu menggosoknya terlalu keras, kamu harus tetap harus sabar dan bersikap lembut menghadapinya. Apalagi pakaian dengan bahan yang rentan dan butuh perhatian khusus.
Saat mencuci pakaian, gunakan cairan pembersih noda untuk mengangkat noda kotoran pada pakaian. Gosokkan pada bagian baju dengan noda menggunakan jarimu. Rendam pakaian dalam air selama beberapa saat, dan remas pakaian dengan lembut beberapa kali. Dengan itu bajumu bisa bersih dengan baik dan akan tahan lama
Mencuci baju dan membilasnya di bawah air mengalir
Nah, ini sama halnya seperti bacaan sebelumnya, seperti saat kamu akan mencuci baju, sebaiknya kamu juga menghindari membilas di bawah air mengalir ya. Aliran air yang mengenai pakaianmu bisa menyebabkan baju jadi tertarik, yang bisa berakhir pada melar. Wah, yang tadinya ingin mencuci baju agar pakaian jadi bersih malah bisa berakhir merusaknya ya.
Triknya di sini adalah membilas baju seperti ketika kamu mencuci baju. Siapkan ember dengan air dingin yang tenang. Bilas pakaian dengan meremas-remas pakaianmu di dalam air sampai pakaian terbilas sempurna. Saat kamu ingin mengangkat pakaianpun, ada hal yang harus diperhatikan loh!
Mencuci pakaian yang sudah selesai dibilas harus diangkat keluar dari air. Cara kamu memegan pakaianmu ini adalah kuncinya. Ketika kamu mengangkat pakaianmu dari air, air yang masih ada di pakaianmu akan mengalir turun ke bawah. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa pakaianmu mulai melar loh. Sebaiknya ketika kamu ingin mengangkat pakaian dari air, gunakan kedua tanganmu untuk menopang seluruh bagian dari baju. Setelah itu, kamu bisa meletakkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam ember lain.
Mencuci baju dan memeras air keluar darinya
Kita sering berpikir dalam mencuci baju, bisa mengeringkannya dengan cepat pasti akan sangat membantu. Karena itulah muncul metode memelintir pakaian kuat-kuat untuk mengeluarkan air dari pakaian. Mungkin cara mencuci baju ini memang bisa membantu pakaian untuk kering lebih cepat. Tapi juga mempercepat usia bajumu loh.
Ketika kamu memeras bajumu sampai kering kuat-kuat, pakaianmu akan tertarik dengan kuat juga. Hal ini menyebabkan selesai mencuci baju akan ada banyak pakaian yang mulai melar. Cara terbaik untuk menghilangkan kandungan air sebanyak-banyaknya dari pakaianmu tanpa merusaknya adalah dengan meratakannya di atas handuk. Gulung handuk dan pakaianmu bersama, remas dengan lembut selagi kamu melakukannya. Setelah selesai, buka gulungan.
Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering
Mencuci baju dan menggantungnya hingga kering adalah hal biasa yang selalu kita lakukan. Tapi hal ini juga dapat menyebabkan pakaian jadi melar, bahkan kehilangan bentuknya loh. Apalagi baju berbahan seperti rajutan. Triknya di sini mirip dengan ketika kamu akan memeras air keluar dari pakaian. Tidurkan pakaian-pakaianmu yang berbahan rentan atau rajutan di atas handuk kering. Biarkan udara masuk dan membantu mereka mengering. Setelah bagian depan kering, balik baju dan lakukan hal yang sama pada bagian belakangnya.
Jangan biarkan noda terlalu lama menetap pada pakaian.
Cara terbaik untuk menghilangkan noda adalah segera membersihkan begitu pakaian terpapar bercak kotoran. Gunakan produk pembersih noda khusus untuk membasuhnya dengan cepat. Jika Kamu tak bisa langsung menanganinya, lakukan segera setelah Kamu tiba di rumah. Meskipun Kamu harus menunggu hingga beberapa hari untuk mencuci pakaian tersebut, akan lebih baik jika Kamu melakukan perawatan darurat untuk mencegah noda makin sulit dibersihkan.
Pisahkan pakaian Kamu.
Pisahkan pakaian yang berwarna gelap dari yang terang, serta pakaian yang berbahan lembut dari yang kaku atau kasar. Meskipun sudah pernah dicuci, pakaian berwarna gelap masih bisa melunturi pakaian lain pada pencucian berikutnya. Pisahkan juga handuk dari pakaian Kamu, karena bulu-bulu dari handuk bisa menempel pada pakaian. Saat akan mencuci, balikkan pakaian sehingga bagian luarnya menghadap ke dalam. Hal ini untuk mencegah bagian luar pakaian saling bergesekan dan membuat warnanya memudar. Luruskan gulungan kaus kaki dan manset pada lengan baju untuk melepaskan kotoran dari lipatannya. Kosongkan kantung kemeja dan celana, tutup resleting, kancing, dan pengait celana, untuk mencegah pakaian tersangkut satu sama lain dan robek.

Tips Mencuci Baju dengan Noda Membandel
Setelah mempelajari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci baju, sekarang kita bisa mulai belajar menghadapi noda kotoran pada baju. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika mencuci baju dengan noda-noda membandel adalah melakukannya secepat mungkin saat noda itu mengenai pakaianmu.
Mencuci Baju dengan Noda Tinta
Untuk kamu yang masih bersekolah ataupun yang sedang kuliah, rasanya noda tinta dari bolpen bisa sering kita temukan di pakaian. Mencuci baju dengan noda ini bisa cukup membuat sakit kepala. Apalagi karena noda ini cukup sulit untuk hilang. Ini dia cara kamu menghadapinya!
·        1.  Tempatkan handuk di bawah area pakaian yang terkena noda.
·       2.  Gosok noda dengan menggunakan alkohol atau pembersih kutek, untuk memindahkan noda tinta dari pakaian ke handuk.
Mencuci Baju dengan Noda Keringat/Deodorant
Noda yang satu ini bisa membuat percaya diri menurun sampai titik terendah nih. Karena itulah mencuci baju dengan noda keringat atau deodorant ini harus sampai tuntas ya. Caranya mudah kok, cukup dengan menyemprotkan campuran air dan jus lemon dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, gantung pakaian selama beberapa jam di bawah matahari.
Yay, sekarang kita sudah mempelajari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci baju, bahkan tips untuk menghadapi noda di pakaian. Sekarang kamu bisa mencuci baju dengan lebih mudah dan tepat. Pakaian kegwnganmu pun bisa memiliki usia yang lebih panjang!


Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda