Jumat, 26 Oktober 2018

Ingin Daftar SBMPTN? Baca Dulu Aturan-Aturan Baru yang Akan belaku Ditahun 2019

source IG : @infomaskptn

Bicara soal penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) semua pasti nsudah pada tau ada banyak  jalur masuk yang disediakan o;eh PTN masing-masing. Tapi, kali ini saya akan membahas salah satu  jalur umum yang dimiliki oleh semua PTN yang ada di Indonesia. Jalur apa ya kira-kira?

Yeup, sesuai dengan judul, yaitu jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Tahukah kamu bahwa di tahun 2019 nanti sistem SBMPTN akan mempunyai aturan main baru, apa aja ya kira-kira? Yuk, langsung simak aja dibawah.

1.      Institusi LTMPT

Pada tahun 2019  nanti, Kemenristekdikti  akan memberlakukan kebijakan di bidang seleksi penerimaan mahasiswa baru yang akan dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau yang sering disebut LTMPT.

LTMPT merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru. LTMPT disini berfungsi untuk:

* Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor
* PTN Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK).

2.                       Tes => Dapat Nilai => Baru Daftar ke PTN yang Ingin Dituju

Pada tes SBMPTN 2019 nanti, yang akan diselenggarakan oleh institusi LTMPT memiliki sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu para peserta akan tes dan mendapat nilai terlebih dahulu. Baru bisa mendaftar ke PTN yang dituju.

3.                       Hanya ada 1 Model Tes

Ya, jika ditahun tahun sebelumnya SBMPTN  menggunakan 2 model tes, yaitu UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) maka ditahun 2019 mendatang, model tes  UTBC akan dihapuskan dari sistem SBMPTN. Dengan artian hanya ada 1 model tes yaitu UTBK.

4.                       Akan Ada 2 Materi Tes yang Akan Diujikan

Aturan selanjutnya ada pada materi tes yang akan diujikan, antara lain Tes Potensi Skolastik (TPS) yang menurut saya mungkin hampir sama seperti tes IQ.
Dan materi tes selanjutnya yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA). Di materi ini para peserta tetap memilliki 2 pilihan, yaitu Sains dan Teknologi (SainTek) dan Sosial Humaniora (SosHum)

5.                        Para Peserta Boleh Melakukan Tes Sebanyak 2 Kali

Nah, ini adalah hal yang paling menarik pada tes SBMPTN mendatang, karena yang biasanya para peserta hanya melakukan tes sebanyak 1 kali, pada tahun 2019 mendatang, para peserta diperbolehkan mengulang tes dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dan para peserta diperbolehkan menetor skor tertinggi untuk diinput ke PTN yang akan dituju.

Demikianlah aturan- aturan baru yang akan diberlakukan pada tes SBMPTN mendatang, jadi, jika mkalian ingin masuk ke PTN yang diinginkan, belajarlah dari sekarang. Karena kesempatan tidak akan datang dua kali. sekian

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda