Rabu, 20 Maret 2019

Inilah Daftar 5 Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia. Kampusmu Salah Satunya?

Pada Tahun 2018 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Mengumumkan Klasterisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia. klasterisasi ini didasari dari beberapa faktor. yaitu :


  1. Kualitas SDM, yang mencakup presentase jumlah dosen berpendidikan S3, prosentase jumlah lektor kepala dan guru besar, dan rasio mahasiswa terhadap dosen;
  2. Kualitas Kelembagaan, yang mencakup akreditasi institusi dan program studi, jumlah program studi terakreditasi internasional, jumlah mahasiswa asing, serta jumlah kerjasama perguruan tinggi ;
  3. Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, yang mencakup kinerja kemahasiswaan;
  4. Kualitas Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, yang mencakup kinerja penelitian, kinerja pengabdian pada masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per jumlah dosen dan
  5. Kualitas inovasi, yang mencakup kinerja inovasi.
Dari 5 faktor itulah didapatkan hasil klasterisasi sbb :

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung atau yang kerap disebut ITB merupakan sekolah tinggi teknik pertama yang berada di Indonesia. Kampus ini pertamakali didirikan untuk memenuhi tenaga teknisi yang semakin lama semakin sulit, ITB berdiri sejak tahun 1920 dengan nama De Techniche Hoogeschool te Bandung dengan satu fakultas, yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw.

Institut Teknologi Bandung (ITB)
Pada tahun 1959 tepatnya tanggal 2 Maret 1959 pemerintah meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung (ITB). Sampai saat ini ITB merupakan salah satu Perguruan Tinggi favorit yang sangat didambakan oleh anak-anak yang ingin melanjutkan study nya ke Perguruan Tinggi, dan pada tahun 2018 ITB mendapat peringkat klasterisasi nomor 1 di Indonesia. Info lengkap : https://www.itb.ac.id/.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Pada peringkat ke-2 diduduki oleh Universitas gadjah Mada atau yang lebih dikenal UGM. UGM juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Favorit yang di idam-idamkan oleh kebanyakan remaja. Pada laman webnya UGM memiliki tajuk Universitas Berkelas Dunia.
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 sebagai universitas nasional pertama di Indonesia yang berperan sebagai pengemban Pancasila sekaligus universitas pembina di Indonesia. Info Lengkap : https://www.ugm.ac.id/.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Institut Pertanian Bogor atau yang sering disebut IPB berada di kota bogor. kampus yang sering disebut IPB ini kini suidah berubah menjadi IPB University pada awal tahun 2019.
Institut Pertanian Bogor (IPB University)
IPB University diresmikan pada tanggal 1 September 1963. kampus ini merupakan universitas pertanian pertama di Indonesia. dan sampai saat ini, IPB merupakan salah satu perguruan tinggi berbasis pertanian terbaik di Indonesia. Info lengkap : https://ipb.ac.id/.

4. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia merupakan bentukan dari beberapa universitas yang tersebar di Indonesia, namun seiring berjalannya waktu, pada tahun 1987 dibangunlah kampus utama yang berada di Depok.
Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena sudah banyak meluluskan orang-orang hebat yang ada di Indonesia. info lengkap : http://www.ui.ac.id.

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Pada urutan kelima, ditempati oleh salah satu universitas yang ada di wilayah Semarang, tidak lain dan tidak bukan adalah Universitas Diponegoro atau yang lebih sering disebut UNDIP.
Universitas Diponegoro (UNDIP)
Universitas Diponegoro baru diresmikan pada tahun 1960 untuk menggantikan nama Universitas Semarang tepat pada Dies Natalis ke-3 nya. Info Lengkap : https://www.undip.ac.id/.


Itulah daftar 5 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan klasterisasi KEMENRISTEKDIKTI Tahun 2018, semoga bermanfaat dan sekian.


Label: ,

3 Komentar:

Pada 23 Maret 2019 pukul 23.43 , Blogger Riztrouble Fashion Women mengatakan...

kampus gw mana???hahahah duduksantaijo.blogspot.com

 
Pada 24 Maret 2019 pukul 13.11 , Blogger All You Can Read mengatakan...

Mungkin blom saatnya bro 😁

 
Pada 7 April 2020 pukul 08.06 , Anonymous Habibi mengatakan...

Nice blog.

Visit us ittelkom-sby.ac.id

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda