Sabtu, 23 Maret 2019

Perguruan Tinggi Vokasi VS Perguruan Tinggi Non-vokasi. Mana yang lebih baik?


Halo semuanya, balik lagi nih sama mimin. Sesuai janji mimin di postingan kemarin. Kali ini mimin mau bahas apa sih bedanya perguruan tinggi vokasi dan perguruan tinggi non-vokasi? Trus mana sih yang lebih baik dari keduanya? Oke langsung sikatttt.



Pada kebanyakan perguruan tinggi vokasi di indonesia pada awalnya merupakan bagian dari universitas besar di Indonesia. Contohnya Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI) yang tadinya merupakan bagian dari Universitas Sriwijaya (UNSRI), Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) yang tadinya merupakan bagian dari Universitas Brawijaya, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Perbedaan paling mendasar antara perguruan tinggi vokasi dan perguruan tinggi non-vokasi adalah jenjang pendidikannya. Jiika perguruan tinggi non-vokasi memiliki jenjang pendidikan S1 atau Strata 1 dengan gelar kelulusan  “S.” Atau sarjana. Namun pada perguruan tinggi vokasi tidak memiliki jenjang pendidikan Strata 1, pendidikan vokasi memiliki program Diploma IV atau yang lebih dikenal dengan istilah D4 dengan gelar kelulusan “S.Tr” atau  sarjana terapan.

Perbedaan selanjutnya terletak di sistem perkuliahannya. Jika di perguruan tinggi non vokasi, komposisi  perkuliahannya biasanya lebih dominan jam kuliah dibanding jam praktik, atau lebih mudahnya masa kuliah lebih sering dihabiskan di dalam kelas daripada turun ke lapangan. Sebaliknya, kalau di perguruan tinggi vokasi komposisi perkuliahannya biasanya lebih dominan praktik daripada kuliah, tapi ada beberapa perguruan tinggi vokasi yang membagi rata komposisi perkuliahan dengan 50% kuliah dan 50% praktik, jadi di perguruan tinggi vokasi bisa dibilang lebih banyak turun ke lapangan daripada berada di dalam kelas.

Lalu kalau saya mau kuliah lebih bagus yang vokasi atau non-vokasi min?



itu merupakan pertanyaan yang sangat umum ditanyakan oleh kalian para siswa yang berada di kelas 12. Kalau menurut mimin sih, semuanya bagus  tapi tergantung dari kaliannya juga. Kalau kalian mau memperdalam ilmu pengetahuan, saran mimin masuk ke pergruan tinggi non-vokasi karena lebih banyak teori ketimbang praktik. Trus kalau kalian mau mengasah skill yang kalian punya, masuk ke perguruan tinggi vokasi karena lebih banyak praktikum ketimbang teori.



Oke, itulah sedikit perbedaan mendasar antara perguruan tinggi vokasi dan non-vokasi yang ada di Indonesia. Dan buat kalian yang belum baca 5 Perguruan Tinggi Negeri Non-Vokasi Terbaik Di Indonesia klik link ini. Semoga bermanfaat dan see you

Label:

8 Komentar:

Pada 23 Maret 2019 pukul 15.13 , Blogger Artikel mengatakan...

Udah gan;)

 
Pada 23 Maret 2019 pukul 16.07 , Blogger abang ichal mengatakan...

Nice info.

 
Pada 23 Maret 2019 pukul 16.08 , Blogger Mas Monsta mengatakan...

begitu ya gan...tapi kalau dari segi lulusan ga jauh beda...tergantung orangnya...cmiiw

 
Pada 23 Maret 2019 pukul 17.39 , Blogger All You Can Read mengatakan...

Terimakasih sudah mampir

 
Pada 23 Maret 2019 pukul 17.39 , Blogger All You Can Read mengatakan...

Betul sekali, semoga infonya bermanfaat

 
Pada 23 Maret 2019 pukul 20.06 , Blogger Admin mengatakan...

Bener gan, semua bergantung pada pribadi masing" dan apa yg ingin didalami

Mampir juga anakgblog.blogspot.com

 
Pada 24 Maret 2019 pukul 07.46 , Blogger Indra Aditya mengatakan...

kalau ane sih lebih memilih non vokasi karena sesuai dengan saya yang lulusan smk

 
Pada 24 Maret 2019 pukul 11.47 , Blogger All You Can Read mengatakan...

Lulusan smk harusnya mah yang vokasi atuh gan 😁

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda